fb_like_box { -moz-border-radius:5px 5px 5px 5px; border-radius:10px; background:#f5f5f5; border:1px dotted #ddd; margin-bottom:10px; padding:10px; width:500px; height:20px; }

Sabtu, 25 April 2009

ORGANIZATION

Tugas :
Menganalisis kelebihan dan kekurangan line organization, staff organization, line and staff organization.

LINE ORGANISATION
• Kelebihan:


 segala bentuk urusan dapat diputuskan dengan cepat tanpa perlu berunding dengan pihak lain
 kesatuan perintah dan kesatuan pimpinan terjamin sepenuhnya karena pimpinan berada dalam satu tangan, sehingga menjamin disiplin kerja yang kuat,
•Kekurangan :
 tingkat koordinasi sukar dilakukan karena antara tingkat pegawai yang sama hanya bertanggung jawab pada superiornya saja,
 overall planning sulit, karena masing masing kepala bagian merasa dirinya tidak terikat apa apa kepada rekan setingkat, jadi hanya terikat pada atasan langsung,
 menimbulkan biorkrasi yang beku, kaku,
 pembagian kerja kurang terspesialisasikan, dan kesempatan karyawan untuk berkembang terbatas,
 kerjasama antar bagian kurang terjalin dengan baik,
 tanggung jawab pimpinan bagian, atau kepala bagian terlalu berat jika perusahaan cukup besar, tidak ada span of control,
 organisasi terlalu bergantung pada satu orang saja,
 kecenderungan pimpinan bertindak secara otokratis sangat besar.







STAFF ORGANISATION
•kelebihan :
 tugas yang banyak lebih mungkin mendapat penyelesaian dengan adanya pembagian kerja ,
 keputusan yang dibuat oleh beberapa orang diharapkan dapat lebih obyektif,
 timbul rasa saling menghargai pendapat anggota yang lain.
 Karyawan lebih kreatif
 Memberikan kesempatan kepada karyawan jika nanti diberi jabatan lebih tinggi
 garis pimpinan berjalan secara tegas, tidak terjadi kesimpangsiuran, karena pimpinan langsung berhubungan dnegan karyawan,
 proses pengubahan keputusan berjalan dengan cepat, karena jumlah yang diajak berkonsultasi relatif lebih sedikit, dari sudut biaya pun lebih rendah, karena tugas pengawasan hanya dilakukan oleh seorang atasan saja.
 dapat cepat terpantau bila ada karyawan yang malas atau bodoh,
 rasa solidaritas karyawan tinggi karena saling mengenal.

•Kekurangan :
 keputusan yang diambil bersifat lambat karena harus dirundingkan terlebih dahulu,
 tindakan sering kurang tegas,
 letak tanggung jawab kurang jelas, dan seseorang dapat berlindung dibalik keputusan bersama padahal menjadi tanggung jawab pribadi.











LINE AND STAFF ORGANISATION
kelebihan :
 dapat digunakan oleh hampir setiap organisasi bagaimanapun besarnya, atau seberapa luas tugas dan kompleksnya susunan organisasi,
 terdapat pembagian tugas yang jelas antara pimpinan, staff dan pelaksana,
 dapat mengembangkan baka yang ebrbeda beda dari karyawan sehingga menjadi suatu spesialisasi,
 proses pengambilan keputusan dapat dengan mudah dilaksanakan karena ada anggota staff yang ahli dalam bidangnya.
 pengambilan keputusan dapat dilakukan dnegan cepat,
 koordinasi dapat dengan mudah dilakkan karena sudah ada pembidangan masing masing,
 kesatuan perintah/unity of command dapat dipertahankan.


Kekurangan :
 bagi para komponen pelaksana tidak selalu jelas mana perintah dan mana nasehat, karena dihadapkan pada dua atasan, yaitu atasan yang ditentukan dalam garis pimpinan yang mempunyai kekuasaan mengambil keputusan dan hak untuk memerintah, dan staff tingkat atas, walaupun hanya berhak memberikan nasehat perlu pula ditaati karena nasehat didasarkan pada keahlian.
 para staff ahli cenderung menganggap lapangan adalah yang terpenting,sehingga memungkinkan timbulnya kongkurensi yang tidak sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JUJURLAH PADA MEREKA YANG ANDA KASIHI

KALENDER