fb_like_box { -moz-border-radius:5px 5px 5px 5px; border-radius:10px; background:#f5f5f5; border:1px dotted #ddd; margin-bottom:10px; padding:10px; width:500px; height:20px; }

Rabu, 18 Maret 2009

APA SEch ICT itu ??????


ICT alias teknologi informasi dan komunikasi adalah keniscayaan. Keberadaanya tidak bisa dielakan, begitu pula halnya dengan potensinya yang luar biasa bagi semua aspek kehidupan. Pemanfaatannya untuk pendidikan? Ini adalah permasalahan lain. Penuh tantangan yang sangat luar biasa. Mulai dari harga, percepatan perkembangannya yang melebihi percepatan penerapannya untuk pendidikan, resistensi dari para pengguna, rendahnya akselerasi melek ICT dari guru khususnya dan lain-lain.
Chris Dededari George Mason University mengidentifikasi enam pertanyaan besar yang harus secara bijak kita pecahkan bersama:
1. Bagaimana sekolah dapat memperoleh fasilitas teknologi informasi yang cukup memadai untuk, katakanlah rasio dua orang siswa satu komputer lengkap terhubung ke internet?
2. bagaimana sekolah dapat memanfaatkan komputer dan internet untuk menerapkan model pembelajaran modern?
3. Bagaimana meningkatkan ICT literacy bagi mereka, khususnya guru dan pembuat kebijakan yang enggan berubah terhadap perkembangan teknologi?
4. Bagaimana kita membuktikan bahwa teknologi ini memberikan dampak lebih baik ketimbang dengan penerapan teknologi konvensional?
5. Bagaimana keberadaan teknologi informasi dan komunikasi dapat meningkatkan perluasan dan pemerataan akses dan mengurangi kesenjangan digital?
6. Jika kita menggunakan teknologi secara tepat guna, kompetensi macamapa yang kita harapkan dari siswa kita agar kelak mampu menjadi generasi penerus dimasa yang akan datang?
Ini adalah pertanyaan besar dan menjadi tantangan besar bagi kita semua. Wahai para teknolog pendidikan, mari kita pecahkan masalah ini. Ada yang punya ide?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JUJURLAH PADA MEREKA YANG ANDA KASIHI

KALENDER